Tips Memotivasi Anak Makan Buah dan Sayur

Sebagian anak mengalami masalah pada pola makan mereka, khususnya untuk mengkonsumsi sayur dan buah. Memang benar bahwa sayur memiliki rasa yang tidak seenak sumber protein lainnya seperti ayam, udang, atau cumi. Jadi, orang tua harus berusaha lebih keras lagi untuk membiasakan anak mengkonsumsi buah dan sayuran.
Ibu bisa memasak sayuran dengan lebih cermat, sehingga rasa sayur menjadi lebih enak dan bervariasi. Ibu juga bisa mencampur sayuran dengan sumber protein lainnya seperti susu, shrimp, dan lain sebagainya.

Selain itu, orang tua juga harus memberikan contoh yang nyata akan kebiasaan mengkonsumsi buah dan sayur. Jika semua anggota keluarga bisa mengkonsumsi sayuran denga lahap, secara tidak langsung, anak akan meniru apa yang dilakukan orang-orang disekitar. Jangan pernah menunjukkan ketidaksukaan Anda sebagai orang tua pada jenis sayuran tertentu karena bisa jadi anak akan turut tidak menyukainya.
Sebelum memulai pola hidup sehat seperti ini, orang tua harus memperkenalkan semua jenis buah dan sayuran dengan kualitas yang baik sehingga rasanya pun lezat. Jangan pernah memberikan buah dan sayuran yang belum ranum atau tidak segar karena hal itu akan menyebabkan anak memiliki image yang buruk tentang jenis buah dan sayuran tersebut. Hal ini tentunya akan mempengaruhi selera makan anak jika dia menemukan buah atau sayuran yang tidak disukainya di meja makan.
Terus motivasi anak anda untuk mengkonsumsi sayuran dan buah dengan beberapa media seperti dari televisi, film kartun, majalah, komik, atau gambar-gambar lainnya. Dengan usaha dan praktek nyata dari Anda sebagai orang tua, anak dengan sendirinya akan memahami betapa pentingnya sayuran dan buah untuk memenuhi gizi sehari-hari.

Entri Populer